Selasa, 10 November 2015

Macam-Macam Aplikasi New Media

Diposting oleh Unknown di 07.22
Pada postingan kali ini saya akan membahas beberapi aplikasi pada New Media, saya akan mengulas satu persatu , baik itu klebihannya maupun kekurangannya, yaitu sebagai berikut :

1. WIKIPIDEA

Wikipedia adalah sebuah situs wiki berisi ensiklopedia, artinya adalah situs web di internet yang bisa ditulis maupun disunting oleh siapapun dan berisi segala macam ilmu pengetahuan bagi manusia.

 (+) Kelebihan
1. Lebih cepat saat diakses
2. Info yang terdapat di dalamnya lengkap
3. Me
njadi media yang sering digunakan oleh pelajar untuk mendapatkan informasi
4. Tampilan tidak begitu memusingkan pengunjung
5. Muda
h untuk mencari informasi lain ketika sudah berada di area wikipedia
6. Pemantapan/pembelajaran bahasa inggris
7. Inf
ormasi mencangkup keseluruhan
8. Banyak link yang langsung menuju pengertian istilah-istilah
9. Jika ada kesalahan cepat d
iperbaiki
10. Mudah digunakan

(-) Kekurangan
1. Kadang-kadang informasinya tidak sesuai dengan apa yang dimaksud
2. Kurangnya kesimpulan yang mendetail
3. Banyaknya pelajar yang sering mengakses search engine ini
4. Bagi yang kurang paham akan bahasa inggris akan susah untuk memahaminya
5. Kepengarangan/sumber informasi kurang di kenal
6. Membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan nyata

2.YOUTUBE

Youtube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna youtube sendiri. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi terkenal hanya dengan meng-upload video mereka di youtube. Oleh karena itu youtube menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan. Mulai dari menyanyi atau pun menari bisa menjadi sebuah pilihan. Tidak sedikit artis-arti masa kini yang awalnya terkenal karena youtube. Ambil saja contoh Justin Bieber atau dari negri sendiri seperti Sinta dan Jojo. Mereka bisa berhasil sampai seperti sekarang ini adalah berkat youtube dan juga penggunanya yang membuat video-video mereka menjadi viral dan menarik perhatian para produser rekaman.

Adapun beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.

Namun tidak sedikit juga kekurangan yang dapat membahayakan penggunanya. Contohnya seperti banyaknya informasi yang menyesatkan. Sebaiknya anda sangat berhati-hati. Dilihat dulu apakah sumbernya sudah jelas dan sebaiknya dibaca dulu bagaimana komentar-komentar pengguna youtube yang lain tentang video tersebut. Kekurangan selanjutnya adalah bagi mereka yang memiliki koneksi internet kurang baik. Gambar akan tersendat-sendat dan membutuhkan waktu lama untuk meloading keseluruhan videonya.

3. GAME ONLINE
Sebuah game online adalah permainan video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , menggunakan komputer pribadi atau konsol video game. Jaringan ini biasanya internet atau teknologi setara, tetapi game selalu digunakan apa pun teknologi yang saat ini:modem sebelum Internet, dan keras kabel terminal sebelum modem.Perluasan game online telah mencerminkan keseluruhan perluasan jaringan komputer dari jaringan lokal kecil ke internet dan pertumbuhan akses internet itu sendiri. Game online dapat berkisar dari yang sederhana lingkungan berbasis teks grafis game menggabungkan kompleks dan dunia maya dihuni oleh banyak pemain secara bersamaan. Banyak permainan online terkait komunitas online , membuat game online suatu bentuk kegiatan sosial di luar peraturan permainan tunggal.

·     (+)    Kelebihan Game Online
1.    Bisa mendapat banyak teman.
2.    Jika Anda sedang atau sudah memainkan game online, Anda bisa menjual char Anda kepada orang lain dengan harga yang Anda tentukan sendiri.
3.    Mendidik rasa leadership dan teamwork.
4.    Mengajarkan rasa toleransi.
5.    Menambah kecepatan Anda dalam mengetik keyboard.

·      (-)   Kekurangan Game Online
1.    Menghabiskan uang bagi mereka yang bermain game online di warnet.
2.    Menghabiskan banyak waktu, karena si pemain ingin segera menaikkan level char-nya.
3.    Genre game-nya sedikit, seperti RPG dan FPS saja. Meskipun ada genre yang lain, tapi hanya sedikit, seperti AyoDance dan Showtime yang termasuk kedalam genre Simulation/Arcade.
4.    Game online memiliki kualitas grafis dan cerita yang jelek.
5.    Beberapa pemain akan terpancing untuk menggunakan cheat yang akan merugikan perusahaan developer-publisher dari game tersebut dan pemain lain.

4. FACEBOOK
   Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook.Inc Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif,]lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

(+) Kelebihan :
1.Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
2.Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
3.Upload gambar sangatlah mudah.
4.Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
5.Dapat digunakan untuk iklan.
6.Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
7.dunia sudah semakin canggih, facebookpun dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun.

(-) Kekurangan :
1.Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
2.Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.
3.Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
4.Facebook acap kali menjadi tempat kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.
5.akhir akhir ini telah ada gosip, kabarnya pembuat situs jejaring sosial ini akan membuat facebook menjadi berbayar, dengan bayaran 10$ per bulan (bisa kaya pembuat facebook).

5.TWITTER
Twitter adalah layanan jejaring sosiall dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

(+) Kelebihan :
¦ Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
¦ Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
¦ Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
¦ Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
¦ Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi        RSS  reader
¦ Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
¦ Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
¦ Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
¦ Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
¦ Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya 

(-) Kelemahan :
¦ Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan 
  langsung 
¦ Dibatasi sampai 140 karakter per update
¦ Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
¦ Lebih menekankan pada penghitungan follower
¦ Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
¦ Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
¦ Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat :) 

sumber :







2 komentar:

Blog Posting mengatakan...

wah nice info kak,izin copas yah :)

Unknown mengatakan...

Iya dik.. silahkan 😅😊

Posting Komentar

 

Your Life Is Your Choose Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review