Selasa, 14 November 2017

Membangun Motivasi Diri

Diposting oleh Unknown di 16.20
Kita tidak akan mendapatkan satu hal pun jika kita tidak bertindak. Motivasi adalah dorongan dalam diri kita yang membuat kita bertindak. Motivasi adalah sebuah proses yang membuat kita memulai, dan motivasi membimbing kita untuk melakukan hal yang sesuai dengan tujuan tertentu, dan mempertahankannya sampai tujuan itu tercapai.
 Setelah mengetahui definisi motivasi, maka satu hal yang kita butuhkan adalah kejelasan. Jelas dengan apa yang kita inginkan dan jelas bahwa diri kita layak untuk mendapatkannya, jelas dalam diri bahwa kita bisa melakukan sesuatu, merasa mampu untuk mencapainya.
Banyak cara yang dilakukan untuk membangun sebuah motivasi, namun yang paling berpengaruh yaitu kita harus membangun motivasi dalam diri kita sendiri, dengan beberapa cara seperti berikut ini:
·         Membangun semangat serta gairah hidup dan kehidupan.
Misalnya setiap bangun pagi, lakukan gerakan-gerakan yang dapat membangun dan membangkitkan gairah, tidak malas dan lamban untuk melakukan sesuatu diluar kamar tidur.
·         Mengembangkan tujuan hidup dan kehidupan.
tidak terpaku pada satu tujuan yang sederhana, karena yang terlalu sederhana membuat kita, anda tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu anda memerlukan tantangan lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup.
·         Membangun hubungan sosial yang baru.
Bila perlu,tinggalkan teman yang selalu berjiwa negatif, dan hanya suka pada hura-hura, dan tanpa orientasi hidup dan kehidupan. Setelah itu, membangun hubungan baru dengan orang lain yang dapat dapat mendorong (kita) anda mencapai tujuan.
·         Melawan ketakutan (ketakutan semu/abstrak dan konkrit, serta psikologis).
Ketakutan hanya tidak akan menghasilkan apa-apa; jadi jika ingin meraih sesuatu, maka tinggalkan penghalang tersebut.
·         Hadapi masalah dengan temukan solusi, bukan menghindarinya.
Jika memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, maka akan sulit termotivasi untuk menemukan solusi. Sebaliknya bila selalu siap menghadapi setiap masalah, maka akan memiliki energi dan semangat berlebih mengatasinya.
·         Memulai dengan senang, nyaman,dan tanpa beban (dan bukan terbebani untuk mecapai ciata-ciat dan tujuan hidup).
Nikmati hidup dan jalani yang kita  tempuh; sebab jika sejak awal sudah merasa tidak suka dan sebagai beban, motivasi untuk maju dalam hidup dan kehidupan selanjutnya akan secara pelan menghilang dari dalam diri.
·         Berlatih, dan terus berlatih; harus tarus berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik.
Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat anda raih jika anda terus berusaha keras. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap kesulitan.

Dengan cara tersebut motivasi diri sendiri dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai tujuan. motivasi yang kuat, akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup, sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Your Life Is Your Choose Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review