A. REGULASI DAN PROSEDUR
PENGADAAN BARANG DAN JASA
Rencana Bisnis : Penyediaan
Jasa Pembuatan Hadiah Spesial
Berbicara
mengenai dunia bisnis tentu tidak luput dari pembahasan sebuah perusahaan,
wiraswasta, perdagangan, dan lain sebagainya. Perkembangan dunia bisnis yang
sekarang sedang menjamur di masyarakat adalah bisnis di bidang Teknik Informasi
dan Komunikasi (TIK). Adapun bisnis yang menjamur di sekitar lingkungan yaitu
bisnis Warung Internet (Warnet) dan Game Online, Kursus Komputer, atau bahkan
ada yang membuka jasa pengetikan tugas akhir atau skripsi. Disini saya akan
membuat sebuah rencana bisnis di bidang Pembuatan Souvenir berbentuk
plakat dan karikatur untuk hadiah ulang tahun, pernikahan, dan
wisuda. Usaha ini akan saya beri nama“LensScraft”.
GAMBARAN UMUM
LensScraft adalah
perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan karikatur dan
perancangan, pendesaian plakat yang terbuat dari bahan akrilik maupun
bahan resin yang ada di Jakarta.
Macam-macam souvenir
yang kami produksi meliputi plakat resin, plakat akrilik, dan
karikatur. Produk yang kami buat dipesan untuk kepentingan promosi,
kenang-kenangan, cenderamata atau souvenir untuk wisuda & hadiah
perlombaan/contest. Beragam bentuk & model serta bisa pesan
sesuai dengan model sendiri.
B. SUMBER INFORMASI
TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK
Jenis produk-produk
yang dihasilkan atara lain:
a. Cetak
Foto Karikatur
- Mencetak
foto dengan berbagai ukuran seperti A4 dan F4
- Pelanggan
dapat memberikan desain sesuai keinginan sendiri
- Selain
mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari hasil tersebut.
b. Plakat
Menghasilkan plakat
dari bahan akrilik dan bahan resin dengan berbagai macam bentuk mulai dari
ukuran S, M, dan L, serta gambar yang tertera pada plakat dapat di custom
sesuai keinginan.
Produk jasa yang
ditawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yakni :
a. Proses
pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien.
b. Tanpa
minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran
mereka.
Bahan baku dan
peralatan yang digunakan :
- 3
Unit Komputer Baru
- Monitor
LCD
- Printer
Epson (2 unit)
- Kertas HVS
ukuran A4 dan F4
- Scanner
Canon (2 unit)
- Bingkai
foto ukuran A4 dan F4
- Bahan
akrilik
- Bahan
resin
- Kertas
backlite
Identifikasi sumber
tempat membeli barang-barang tersebut :
- Toko
komputer dan aksesoris
- Supplier
plakat
- Toko
alat-alat tulis kantor
Kebutuhan Modal :
Model yang diperlukan
dalam pendirian usaha Jasa Pengetikan dan Revisi adalah kurang lebih sebesar
Rp. 6.780.000.- (Empat Belas Juta Rupiah) dengan perincian penggunaan sebagai
berikut
1. Komputer Rp. 3.200.000,-
2. Printer
Epson Rp. 1.105.000,-
3. Scanner
Rp. 700.000,-
4. Bahan
akrilik Rp. 700.000,-
5. Bahan
resin Rp. 800.00,-
6. Bingkai
foto Rp. 20.000,-
7. Kertas
backlite Rp. 100.000,-
8. Kertas
HVS Rp. 80.000,-
9. Meja Rp. 45.000,-
10. Kursi Rp. 30.000,-
Jumlah modal :
Rp.6.780.000,-
Daftar Harga jual
Produk :
a. Cetak Karikatur Rp.
235.000,-
- Ukuran
A4 Rp. 85.000,-
- Ukuran
F4 Rp. 150.000,-
b. Plakat
akrilik dan resin Rp.
465.000,-
- Ukuran
S Rp.
130.000,-
- Ukuran
M Rp. 155.000,-
- Ukuran
L
Rp. 180.000,-
Sumber Daya Manusia:
Usaha Jasa Pembuatan
Souvenir ini dikelola oleh 5 orang sebagai berikut:
- 1
orang sebagai Manager
- 2
orang sebagai Staff Produksi
- 1
orang sebagai Staff marketing
- 1
orang sebagai Staff Keuangan
a. Tugas
staff sebagai berikut :
· Manager,
bertanggung jawab antara lain:
- Bertanggungjawab
atas kelangsungan usaha
- Mengarahkan
dan memberi motivasi pada anggota
- Menjalin
hubungan kerja dengan mitra bisnis
- Bertanggung
jawab untuk mengembangkan usaha
· Staff
Produksi, bertanggung jawab:
- Bertanggungjawab
terhadap kegiatan produksi
- Mengetik
dan revisi sesuai permintaan pelanggan
- Mencatat
semua order yang masuk
- Memberikan
pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha
- Bertanggung
jawab atas kelangsungan usaha
· Staff
Marketing, bertanggung jawab antara lain :
- Bertanggung
jawab terhadap kegiatan pemasaran
- Memberikan
pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai pemasaran
- Bertanggung
jawab atas kelangsungan usaha
· Staff
Keuangan, bertanggung jawab antara lain:
- Mengatur
arus kas masuk dan keluar
- Mengatur
pemberian kompensasi kepada anggota
- Memberikan
pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan
- Membantu
pemasaran
- Bertanggung
jawab atas kelangsungan usaha
Peluang Usaha
Melihat hasil analisis
pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, usaha ini masih
memungkinkan untuk bersaing dengan jasa-jasa pengetikan lainnya. Dengan
pelayanan Jasa Pengetikan yang minimum order dan harga terjangkau menjadikan
peluang untuk bisa bersaing dengan tempat jasa pengetikan yang lain.
C. KEBUTUHAN DOKUMEN YANG
TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA ACUAN KERJA) ATAU TOR (TERM OF
REFERENCE) ATAU BIDDING DOCUMENT
Identifikasi kebutuhan
adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan
lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah
penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam
setiap pengadaan barang/jasa yang terdiri atas:
1. Uraian
kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan,
lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar
belakang usaha ini karena melihat potensi lingkungan sekitar permintaan
akan kado unik yang semakin meningkat.
2. Waktu
yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari
pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa. Waktu yang
diperlukan untuk membuka usaha ini sesuai kelengkapan pengadaan barang-barang,
peralatan dan lainnya.
3. Spesifikasi
teknis barang/jasa yang akan diadakan. Dalam usaha jasa
pembuatan kado yang akan diadakan seperti cetak
foto karikatur dan pembuatan plakat dengan ukuran S, M, dan L.
4. Besarnya
total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan
pada kegiatan tersebut. Dalam pengadaan jasa pembuatan kado total
perkiraan modal sekitar Rp.6.780.000,-.
Istilah lain yang
sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK
dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan
termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang
terjadi di lapangan, karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari
identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya
dilakukan setengah hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam
penyusunan anggaran belaka.
Sering terjadi, karena
sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya
sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti
jumlah sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru
bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan
lampiran pembahasan anggaran.
Inilah yang menyebabkan
proses pengadaan menjadi kacau balau, karena ruh utama pengadaan, yaitu
identifikasi kebutuhan tidak tersampaikan secara jelas dan dipahami secara
mendalam serta dituliskan secara terukur. Proses penyusunan KAK berhenti hanya
sebatas pemenuhan persyaratan administratif dalam penganggaran.
KOMENTAR
Dari sekian banyak
kesempatan bisnis yang ingin dijalankan semua tergantung dengan kemapuan yang
dimiliki. Kemampuan atau skill memang sangat mempengaruhi bisnis ini, namun
dalam mencapai keberhasilan bisnis terdapat beberapa hal yang mempengaruhi.
Teknologi komputer saat
ini semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan
proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah. Bisnis ini diperuntukkan bagi
mereka yang ingin memberikan hadiah sebagai kenang-kenangan indah yang tak terlupakan,
apalagi bisnis ini dapat membebaskan para pelanggan untuk memberikan ide
ataupun desain langsung sesuai keinginannya. Hadiah ini dapat mereka berikan
dalam bentuk kado pernikahan, kado ulang tahun, maupun kado wisuda.
Dalam usaha digital
printing ini juga mempunyai kekurangannya yaitu adanya persaingan apabila ada
banyak tempat digital printing lainnya, selalu melakukan perawatan pada
peralatan yang ada, kerusakan perlengkapan seperti print macet (tidak
tercetak), customer yang tidak menentu sehingga laba yang didapat tidak pasti.
DAFTAR PUSTAKA
http://thisblogeem.blogspot.co.id/2017/01/tugas-pbi-regulasi-dan-prosedur.html
http://www.khalidmustafa.info/2014/01/22/masihkah-kerangka-acuan-kerja-menjadi-acuan.php
0 komentar:
Posting Komentar